MongoDB Apa itu MongoDB ?

MongoDB (dari kata “humongous”) adalah sebuah Document-Oriented Database Open Source. mongoDB merupakan salah satu database noSQL. nah apa lagi tuh noSQL? noSQL ialah singkatan dari Not Only SQL istilah sistem manajemen database yang berbeda dari sistem manajemen database relasional dalam beberpa cara. Penyimpanan data tanpa perlu adanya tabel schema, tidak ada bahasa sql yang terlibat dalam pemakaian database.

MongoDB tidak mengenal yang namanya tabel, kolom dan baris jadi tidak ada schema dalam MongoDB (schema-less). unit paling kecil dari MongoDB adalah documment, sedangkan kumpulan dari document adalah collection. seperti halnya dalam database relasional document itu ibarat record dan collection sebuah tabel. documment dalam MongoDB dapat memiliki atribut yang berbeda-beda dengan document yang lainnya walaupun dalam satu collection.

Instalasi MonggoDB di windows

download MongoDB di sini sesuaikan dengan windowsnya 32-bit atau yang 64-bit. kemudian ekstrak file yang telah di download kemudian ubah folder nya menjadi “mongo” untuk memudahkan.

media penyimpanan MongoDB berada di “c:\>data\db” jika belum ada bisa dibuat sendiri dari Windows Explorer.

Menjalankan dan mengkoneksikan ke database

aplikasi utama pada MongoDB ada dua yaitu :

  • mongod.exe adalah aplikasi daemon database server
  • mongo.exe adalah aplikasi shell untuk administrasi dan manajemen database

untuk menjalan database MongoDB bisa langsung dari Explorer atau dari CMD window.

C:\> cd \mongodb\bin
C:\mongodb\bin > mongod

aplikasi database server MongoDB aktif, seperti berikut

database MongoDB sudah berjalan dengan port default 27017

sekarang menjalankan shell administrasi database. bisa dobel klik mongo.exe di Explorer atau melalui CMD window. Secara deafult mongo.exe akan terhubung ke mongod server yang berjalan pada localhost dan menggunakan database dengan nama test

Pada MongoDB untuk otomatis akan membuat collection pada saat pertama kali document di buat. pada gambar diatas terlihat membuat document yang berisi atribut ‘kolom’ yang berisi ‘isi kolom’ pada collection ‘coba’ . Bagaimana menggunakan MongoDB akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Incoming search terms: