codeigniter

Mungkin buat para Programmer sudah mengenal dengan apa yang namanya Framework. Yang dimaksud framework ini ialah Software framework yang memiliki desain yang dapat digunakan lagi (re-usable) untuk sistem software atau subsistem software. sebuah Software framework mungkin terdapat program pendukun, library, bahasa scripting atau software lainya untuk membantu programer dalam mengembangkan sebuah project software yang lebih kompleks. adapun framework yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP seperti Codeigniter yang akan kita bahas disini.

mengapa harus framework Codeigniter yang di bahas? :-D Karena ini adalah salah satu dari sekian banyak PHP framework yang menurut saya lebih mudah dipahami daripada yang lainnya seperti Zend Framework, CakePHP, Prado, dll. Pada Codeigniter memiliki struktur yang mirip dengan Ruby on Rails (ROR). RoR adalah sebuah framework pembuatan aplikasi web yang menggunakan bahasa pemrograman Ruby. selain itu Documentasi Codeigniter lumayan lengkap dan mudah dipahami dan juga adanya video tutorial serta dukungan komunitas dari forum Codeigniter.

pada Framework Codeigniter menggunakan struktur MVC (model, View, Controller). Pendekatan MVC ialah memisahkan aplikasi logic dari presentation atau tampilan.

Model
menggambarkan struktur data anda.pada umumnya model berisikan fungsi yang membantu dalam proses pengambilan, penambahan dan update informasi dalam database.

View
view berfungsi untuk menyajikan kepada pengguna. sebuah view pada umumnya berupa web page, tetapi dalam Codeigniter sebuah view bisa juga berupa bagian dari halaman seperti header atau footer. bisa juga menjadi halaman RSS atau tipe halaman yang lainnya.

Controller
menangani atau sebagai mediasi antara model dan view dan kebutuhan lainnya yang digunakan untuk memproses HTTP request dan men-generate sebuah web page.