Di artikel sebelumnya, Sudah sedikit mengetahui tentang ESP8266. Sebuah mikrokontroler yang sudah terintegrasi dengan 2.4 GHz Wi-Fi di dalamnya. Untuk memprogram ESP8266 ada beberapa cara, yaitu menggunakan AT-Command, Bahasa C dengan esp-open-sdk, Bahasa Lua menggunakan Lua firmware NodeMCU, maupun menggunakan Arduino IDE.

Pada kesempatan kali ini akan mempersiapkan Arduino IDE untuk memprogram ESP8266, Hal ini cukup mudah jika telah mengenal aplikasi Arduino IDE dan Arduino Sketch.

  1. Jika Anda belum memiliki Arduino IDE. Silakan unduh di sini.
  2. Unduh driver untuk membaca serial port dari ESP8266. Silakan unduh di sini yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda.
  3. Pada Arduino IDE cari menu Preferences (di Windows dan Linux ada di dalam menu File, di MacOS ada di dalam menu Arduino.) Pada bagian Additional Boards Manager URLs tambahkan URL berikut ini.http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json

  4. Kemudian ke menu Tools > Board > Boards Manager, Anda bisa mengetik esp8266 di kolom Search, kemudian klik tombol Install pada pilihan board ESP8266.

Sampai di sini Arduino IDE Anda sudah bisa digunakan untuk memprogram ESP8266.

Memprogram ESP-01 dengan Arduino IDE

Berikutnya adalah mencoba memprogram esp8266 modul type esp-01 menggunakan arduino IDE yang sudah ditambahkan board ESP8266 dengan membuat kode sederhana untuk membuat led berkedip.

Perangkat yang perlu disiapkan adalah

  1. Modul ESP-01.

    esp8266 esp-01
  2. USB-to-TTL untuk memprogram ke modul esp-01.

    Modul ESP-01 dengan ESP programmer

Upload code

Pada Arduino IDE menu tools > Board pilih “Generic ESP8266 Module” dan menu tools > Port sesuai dengan port yang digunakan.

Contoh kode

Skema Rangkaian

Jika rangkain dirakit akan seperti pada gambar diatas dan led akan berkedip tiap 1 detik.