Memahami Siklus Activty pada aplikasi Android. Aplikasi Android merupakan kumpulan dari beberapa Activity yang tergabung secara bebas dengan Activity satu degan yang lainnya. yang mana kupulan tersebut memiliki satu Activity utama yang digunakan untuk memanggil Activity lainnya secara bertumpuk.

Activity adalah suatu komponen pada aplikasi Android yang menyediakan tampilan, sehingga dapat berinteraksi dengan user untuk melakukan sesuatu, seperti dial telepon, mengambil foto, mengirim email, atau melihat peta. Setiap Activity mendapatkan tampilan/layout sebagai antarmuka dengan user.

Sebuah aplikasi Android biasanya terdiri dari beberapa Activity yang tidak terikat satu sama lain. Biasanya, satu Activity dalam aplikasi ditentukan sebagai Main Activity, Activity utama ini yang digunakan sebagai launcher kepada pengguna ketika aplikasi pertama kalinya dijalankan. Kemudian dapat memulai Activity lain untuk melakukan kegiatan yang berbeda-beda.

Setiap kali Activity baru dimulai, Activity sebelumnya dihentikan, tetapi sistem mempertahankan Activity sebelumnya di dalam tumpukan (“back stack“). Ketika Activity baru dimulai, Activity sebelumnya didorong ke back stack dan mengambil fokus pengguna pada Activity yang baru. Tumpukan dalam back stack  menggunakan mekanisme antrian “last in, first out“, jadi, ketika menekan tombol KEMBALI ditekan akan menghancurkan (Destroy) Activity dan memunculkan (Resume) Activity sebelumnya dari tumpukan.

Ketika Activity dihentikan (Stop) karena ada Activity yang baru dimulai (Start), perubahan ini di informasikan ke dalam State pada siklus Activity dengan metode callback. Ada beberapa metode callback beberapa Activity mungkin menerima, karena perubahan dalam state-apakah sistem adalah menciptakan itu, menghentikan itu, melanjutkan, atau menghancurkan itu-dan callback masing-masing memberikan Anda kesempatan untuk melakukan pekerjaan tertentu yang sesuai untuk bahwa perubahan state. Misalnya, ketika berhenti, aktivitas Anda harus melepaskan benda-benda besar, seperti jaringan atau koneksi database. Ketika aktivitas resume, Anda dapat reacquire sumber daya yang diperlukan dan melanjutkan tindakan yang terinterupsi. Transisi state ini semua adalah bagian dari siklus activity.

 

Incoming search terms: